Sabtu, 17 Januari 2015

Dua Syarat Terkabul Do'a

Segala puji hanya bagi Allah ta'ala.

merupakan suatu yang mudah bagi Allah ta'ala untuk mengijabah do'a hambanya, namun terkadang manusia tidak faaham dan tahu rahasia-rahasia Allah seandainya do'anya tidak terkabul atau tertunda.

mungkin bisa jadi kerana diantara yang dipakainya ada yang haram sehingga mengjalangi terkabulnya do'a atau Allah menunda pengkabulan do'a kerena suatu kemaslahtan tertentu dan Allah ta'ala paling tahu kapan dan dimana Dia mengijabah doa' hambanya.

dan satu hal lagi yang perlu di ingat bahwa seorang muslim banyak dari permintaannya terkabul setelah kiamat kelak dan hanya sedikit diberi bagiannya di dunia karena dunia hanya bersifat sementara.

dan berbeda dengan orang kafir semua jatah bagiannya dihabiskan di dunia jadi tiada bagiannya di akhirat kelak maka neraka saja lagi sisanya.

"Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. " [QS. Al baqarah:186]

Dari konteks Qur'an diatas terlihat bahwa syarat terkabulnya do'a ada dua; pertama,Memenuhi perintah Allah ta'ala. kedua,beriman kepada Allah ta'ala.

jika dua syarat tersebut telah terpenuhi maka tiada halangan bagi do'a umtuk terkabul. Namun yang perlu ditekankan disini yaitu memenuhi perintah yang wajib dan yang sunnah adalah lebih baik

Tidak ada komentar: