Senin, 06 Januari 2014

3 K Cara Mencapai Cita-cita

jika ada tiga K ini maka seseorang akan dapat mewujudkan harapannya:

  • kemauan
  • kemampuan
  • kesempatan

demikian pula dalam urusan agama, untuk melaksanakan suatu niat untuk beramal shalih atau beribadah mesti terpenuhi 3 faktor diatas untuk mencapai kesuksesan

banyak manusia mempunyai kesempatan tapi tiada kemauan dan kemampuan, demikian yang lainnya ada manusia yang mempunyai kemampuan tapi tidak diberi hidayah oleh Allah ta'ala untuk melaksanakannya.

mencari sebab-sebab untuk mencapai kemampuan, kemauan dan kesempatan itu sangat penting. Contoh; mencapai kemampuan dengan cara belajar sedikit-demi sedikit sehingga menjadi mahir dan pintar. Kemudian mencapai kemauan dengan cara menanamkan niat yang kuat seperti "dia bisa kenapa saya tidak!". Kemudian mencapai kesempatan dengan cara melihat peluang-peluang yang dapat dimasuki untuk meraih kesempatan.

seseorang ketika ingin menegakkan shalatnya lima kali sehari diperlukan kemauan dengan niat ingin shalat lima waktu, lalu melaksanakan lima waktu sesuai dengan kemampuannya baik dengan berdiri, duduk atau berbaring, lalu mesetting waktu dengan menyesuaikan pekerjaan dengan waktu-waktu shalat bukan sebaliknya, shalat menyesuaikan waktu kerja.

mengusahakan diri untuk tetap istiqamah adalah sesuatu yang amat luar biasa, oleh karenanya pembiasaan-pembiasaan sangatlah penting agar jasad terbiasa dengan keadaannya harus shalat lima waktu diawal waktu dengan berjama'ah.

Tidak ada komentar: